MAKALAH
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Makalah ini disusun guna memenuhi salah satu tugas
mata kuliah Strategi Belajar Mengajar yang diampu oleh Fauziyah, S.Si,
M.Pd
FAKULTAS AGAMA ISLAM TARBIYAH
UNIVERSITAS NEGERI SINGA PERBANGSA KARAWANG
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan karunia, taufik, dan hidayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Strategi Belajar Mengajar”. Penyusunan makalah ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang strategi belajar mengajar untuk meningkatkan pengetahuan tentang Strategi Pembelajaran bagi calon pendidik..
Dalam penyusunan makalah ini, penulis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Fauziyah, S.Si, M. Pd. Selaku dosen mata kuliah Strategi Belajar Mengajar yang memberikan pengarahan selama menyusun makalah. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara materi maupun moril dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan, sehingga penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kedepannya. Semoga makalah ini bermanfaat untuk pembaca.
Surakarta, 5 Maret 2011
Penulis
|
DAFTAR ISI
Halaman Judul………………………………………………………………………………………. i
Kata Pengantar………………………………………………………………………………………. ii
Daftar Isi………………………………………………………………………………………………. iii
PENDAHULUAN
- Latar Belakang……………………………………………………………………………. 1
- Tujuan dan Manfaat…………………………………………………………………….. 1
PEMBAHASAN
- Pengertian Strategi Belajar Mengajar……………………………………………… 2
- Faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Belajar Mengajar……………. 3
PENUTUP
Kesimpulan…………………………………………………………………………………………… 7
Saran……………………………………………………………………………………………………. 7
DAFTAR PUSTAKA
|
PENDAHULUAN
- A. Latar Belakang
Berdasar pandangan di atas, dalam pendidikan matematika dibutuhkan strategi belajar mengajar yang diharapkan dapat menjadikan pelajaran matematika tidak lagi menjadi sesuatu yang menyeramkan tetapi menjadi sesuatu yang menyenangkan.
Sebagai calon pendidik maka kita harus mampu memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan mampu mencapai kesuksesan dalam proses belajar mengajar terutama guru matematika.
- B. Tujuan dan Manfaat
Manfaat penulisan makalah ini ditujukan pada dua pihak : (1) Bagi penulis, diharapkan dapat memberikan gagasan tentang Strategi Belajar Mengajar, (2) Bagi pendidik, diharapkan dapat mengetahui strategi belajar yang tepat untuk meningkatkan prestasi peserta didik.
|
PEMBAHASAN
- A. Pengertian Strategi Belajar Mengajar
- Strategi belajar mengajar adalah salah satu komponen dalam sistem pengajaran. Komponen dari sistem pengajaran adalah tujuan, materi, strategi dan evaluasi.
- Strategi belajar mengajar adalah kegiatan guru dalam proses belajar mengajar yang dapat memberikan kemudahan atau fasilitas kepada siswa agar dapat mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan.
- Strategi belajar mengajar yang baik adalah yang dapat menjamin tercapainya tujuan pengajaran yang efektif, efisien, dan ekonomis serta dapat meningkatkan keterlibatan siswa baik secara intelektual maupun fisik.
- Strategi belajar-mengajar adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa (Gerlach dan Ely).
- Strategi belajar-mengajar tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan, melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya (Dick dan Carey).
- Strategi belajar-mengajar terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu dengan kata lain strategi belajar-mengajar juga merupakan pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai (Gropper).
- terdiri dari metode dan teknik (prosedur) yang akan menjamin siswa betul-betul akan mencapai tujuan, strategi lebih luas daripada metode atau teknik pengajaran (Gropper dan Ely).
- Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu (Kozna).
- Strategi Pembelajaran adalah kegiatan guru dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan atau fasilitas kepada siswa agar dapat mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.
- Strategi pembelajaran terdiri atas semua komponen materi (paket) pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan.
Strategi Belajar Mengajar adalah kegiatan dan cara yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang berisi seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar peserta didik agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancer dan tujuan pembelajaran bisa tercapai secara formal.
- A. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Strategi Belajar Mengajar
- Tujuan Pengajaran.
- Materi Pelajaran.
|
akan memberikan corak yang khusus pada strategi yang dipilih.
- Siswa.
Menurut Dunkin aspek yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dilihat dari aspek siswa:
- Aspek latar belakang meliputi jenis kelamin siswa, tempat kelahiran, tempat tinggal siswa, tingkat social ekonomi siswa diihat dari keluarga yang bagaimana siswa berasal, dan lain-lain.
- Aspek sifat yang dimiliki siswa yang meliputi kemampuan dasar, pengetahuan, dan sikap. Sikap dan penampilan siswa di dalam kelas juga merupakan aspek lain yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.
- Guru.
Menurut Dunkin(1974) aspek yang mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dilihat dari factor guru:
- Jenis kelamin serta semua pengalaman hidup guru yang menjadi factor social mereka.
- Pengalaman-pengalaman yang berhubungan dengan aktifitas dan latar belakang pendidikan guru.
- Segala sesuatu yang berhubungan dengan sifat yang dimiliki guru.
|
Guru harus memperhatikan kemampuan profesionalnya, kepribadiannya dan gaya mengajarnya.
- Fasilitas.
- Dapat menumbuhkan motifasi belajar.
- Dapat memberikan berbagai pilihan bagi siswa untuk belajar.
Perlu mempertimbangkan ketersediaan alat, media, ruangan dan pengguanaan waktu yang dimiliki siswa dan sebagainya.
- Lingkungan.
- Factor organisasi kelas
u Waktu yang tersedia akan semakin sempit.
u Kurang mampu memanfaatkan dan menggunakan semua sumber daya yang ada sehingga sumbangan pikiran akan sulit didapatkan setiap siswa.
u
|
u Perbedaan individu antara anggota akan semakin tampak.
u Siswa enggan berpartisispasi aktif dalam setiap kegiatan kelompok.
u Siswa terpaksa menunggu untuk sama-sama maju mempelajari materi pelajaran baru.
- Factor iklim social psikologis
Secara eksternal adalah keharmonisan hubungan antara pihak sekolah dengan dunia luar, misalnya hubungan sekolah dengan orang tua siswa, hubungan sekolah dengan lembaga-lembaga masyarakat, dan lain-lain. Sehingga upaya-upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akan mendapat dukungan dari pihak lain.
PENUTUP
Kesimpulan dari makalah ini adalah sebagai berikut: (1) Pengertian Strategi Belajar Mengajar adalah kegiatan dan cara yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang berisi seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar peserta didik agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancer dan tujuan pembelajaran bisa tercapai secara formal.(2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Belajar Mengajar antara lain Tujuan Pengajaran, materi pelajaran, siswa, guru, fasilitas dan lingkungan.
Saran
Saran dari makalah ini ialah Seorang pendidik sebaiknya mampu menguasai dan menerapkan strategi belajar mengajar berdasarkan situasi dan waktu tertentu dalam pembelajaran di kelas. Supaya peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
DAFTAR PUSTAKA
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Jakarata: Bumi Aksara.
Purwoto. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
No comments:
Post a Comment